Pemilihan raja dan ratu buku perpustakaan MAN 3 Sleman atau yang sering disebut best reader  kembali diadakan oleh perpustakaan Mayoga. Pemilihan best reader sudah menjadi agenda tahunan perpustakaan. Dua best reader Mayoga tahun ini telah terpilih, Brenda Hayuning Zaenardi kelas XII IPS 1 untuk putri dan Nurrokhim kelas XII IPA 1 untuk putra.

Tahun ini acara pemilihan best reader dikemas dalam sebuah seminar dengan menghadirkan narasumber dari UGM, yaitu Bapak Ida Fajar Priyanta, Ph. D. (mantan kepala perpustakaan UGM). Tema seminar kali ini adalah “Menyambut Pendidikan Masa Depan di Era Revolusi Teknologi Informasi (Menyiapkan Daya Saing SDM)”. Peserta seminar Bapak/Ibu guru, pegawai dan perwakilan kelas X, XI dan XII IPA, IPS, dan  Keagamaan.

Dari 730 siswa Mayoga, 10 siswa terpilih sebagai nominator best reader. Kesepuluh siswa itu adalah Susi Lestari (XII IPA 1), Minar Triningsih (XII IPA 2), Brenda Hayuning Zaenardi (XII IPS 1), Aisyah Sabilla rahmi (XI IPA 2), Siti Patmawati (XI PK), Heru Dwicahyono (XII IPS 2), Nurrokhim (X IPA 1), Wiku Tricahyo (XI IPA 3), M. Zaky Ardian Ashar (XI IPA 2) serta Faik Azizy (XI IPA 2) . Selaku panitia dalam acara ini, kepala Perpustakaan Mayoga, Toni Perwanti, M.Pd., dan dua pustakawan (Nuzul Hidayah Yuningsih, SIP., dan Rita Susanti, A.Md.).

Pemilihan dilaksanakan melalui 2 tahap presentasi. Presentasi tahap 1 diikuti oleh 10 nomine dan dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Januari 2018 di ruang perpustakaan dengan tiga juri. Bertindak sebagai juri, Dra. Rodatun Widayati, M.Pd, Musrin, M.Pd. dan Abdul Afif Rosyidi, S. Pd. Peserta mempresentasikan hasil tulisannya berupa esai serta buku yang menginspirasi bagi dirinya. Presentasi tahap 2 dilaksanakan pada hari Kamis, 1 Februari 2018 di ruang AVA MAN 3 Sleman dengan 4 peserta terbaik. Pada tahap ini 4 peserta mempresentasikan buku yang menginspirasi bagi dirinya dan manfaatnya bagi orang lain. Presentasi tahap 2 merupakan tahap penentuan pemenang. Penilaian tidak hanya dari dewan juri saja, tetapi ditentukan juga oleh ceklist (penilaian) Bapak/Ibu guru yang hadir dalam seminar & grand final pemilihan best reader.

Pemenang best reader putra maupun putri menerima penyematan selempang hadiah dan uang pembinaan. Sedangkan 10 besar akan mendapat sertifikat dan hadiah hiburan. Ada banyak yang perlu dicontoh dari kedua best reader ini. Selama setahun Brenda telah meminjam dan membaca 54 buku dari perpustakaan Mayoga. Buku yang menginspirasinya adalah buku dengan judul “Ya Allah Aku Jatuh Cinta! (Mengelola Cinta Tanpa Harus Terkena Dosa)”. Sedangkan Nurrokhim terinspirasi dengan buku yang berjudul “How To Master Your Habits”. Keduanya menerima selempang best reader dari Bapak Ida Fajar Priyanta, Ph. D., didampingi oleh Bapak Kepala Madrasah Nur Wahyudin Al Azis, S. Pd. (Nzl).