Balai Layanan Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menggelar kegiatan Hari Anak Nasional 2018 dengan mengusung tema “Membangun Budaya Baca Menuju Anak Indonesia GENIUS (Gesit, Empati, BeraNI, Unggul, Sehat)”. Acara rutin tahunan ini diadakan guna meningkatkan kegemaran baca anak-anak sejak dini, dan dengan anak-anak yang gemar membaca pula akan mencerahkan masa depan mereka sebagai generasi muda penerus bangsa.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yakni pada tanggal 24-26 Juli 2018 bertempat di dua lokasi yaitu Unit Grhatama Pustaka Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY dan unit Rumah Belajar Modern (RBM) di Jl. Imogiri Barat, Sewon, Bantul. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 900 anak-anak yang terdiri dari siswa TK dan SD kelas 2, 3 dan 4.

Dalam sambutannya, Kepala BPAD DIY Dra. Monika Nur Lastiyani, MM. berpesan kepada seluruh anak-anak agar menjadi anak yang gesit, empati, berani, unggul dan sehat. Untuk itu BPAD DIY akan selalu menjadi bagian dalam menumbuhkan minat baca anak dan menyediakan bahan bacaan yang berkualitas untuk anak-anak Indonesia. Sebagai pembukaan rangkaian kegiatan ini, ditandai dengan membunyikan alat music “othok-othok” secara bersama-sama. Acara kemudian dilanjutkan pementasan menari, music biola, mendongeng oleh adinda Rr. Nadia Marfath Khairunnisa dari SD Gedongkiwo 1, Juara 1 Lomba Bercerita Tingkat DIY Tahun 2018 dan atraksi dari sulap dari kak Akur. Selain itu peserta Hari Anak Nasional kemudian diajak untuk belajar dan mengasah kreatifitas anak-anak seperti pos kegiatan clay (seni membentuk mainan dari lilin), melukis gerabah, origami (seni melipat kertas), dan kreasi kain flannel.